Puncak Widosari Jogja – Tiket masuk, fasilitas, rute, lokasi menuju Puncak Widosari Jogja. Menemukan objek wisata di Jogja memang bukan perkara yang sulit. Ada banyak pilihan lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi. Salah satu lokasi wisata alam yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Puncak Widosari. Tempat yang menawarkan panorama seperti negeri di atas awan akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Puncak Widosari

Berwisata ke Tempat dengan Panorama Kulon Progo Seindah Negeri di Atas Awan, Puncak Widosari

Daerah Kulon Progo adalah salah satu daerah di Jogja yang keindahan alamnya patut diacungi jempol. Ada banyak tempat wisata alam Kulon Progo yang bisa Anda kunjungi. Puncak Widosari adalah salah satunya. Dari tempat ini, Anda bisa melihat Kulon Progo dengan keindahan yang berbeda. Banyak pengunjung mengumpamakannya seperti negeri di atas awan.

Selain keindahannya yang memukau, Puncak Widosari ternyata juga memiliki nilai historis tersendiri. Kabarnya, Gunung Widosari ini merupakan tempat yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk melakukan pertapaan. Meski sudah ada sejak lama, namun Puncak Widosari sendiri baru dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata di tahun 2012.

Pada awal pembukaannya, Puncak Widosari belum memiliki akses jalan sebaik sekarang. Pada awalnya, akses menuju Puncak Widosari masih berupa jalanan tanah yang licin dengan pagar bamboo seadanya.

Seiring waktu, puncak yang berada di ketinggian sekitar 1.017 mdpl ini semakin mengalami peningkatan dari segi akses dan fasilitas. Jika Anda datang ke Puncak Widosari hari ini, Anda akan menemukan akses jalan dan fasilitas yang sudah sangat menunjang kenyamanan wisatawan.

Salah satu ciri khas dan daya tarik Puncak Widosari adalah keberadaan sebuah batu raksasa yang unik. Keberadaan batu raksasa di atas puncak membuat pemandangan di Puncak Widosari menjadi semakin unik dan menarik. Apalagi dilengkapi dengan pemandangan gunung lain di sekitar Gunung Widosari. Seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan bahkan Anda juga bisa melihat bibir pantai laut selatan.

Anda yang menyukai suasana tenang dan sejuk rasanya akan sangat sayang jika melewatkan Puncak Widosari dalam daftar kunjungan Anda. Apalagi jika Anda juga menyukai seni fotografi. Keindahan alam Puncak Widosari yang menampilkan hamparan hijau yang luas dan ribuan pepohonan akan menjadi objek foto yang sangat menggoda.

Belum lagi jika Anda menyukai panorama matahari terbit dan terbenam. Keindahan sunrise dan sunset di Puncak Widosari adalah salah satu pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Akan tetapi, pastikan Anda tetap waspada dan berhati – hati. Karena di bagian sisi Puncak Widosari terdapat jurang yang sangat dalam.

Selain keindahan alamnya, Anda juga bisa mengenal budaya warga sekitar yang juga tak kalah menarik. Jika Anda datang sebelum bulan Ramadhan, warga sekitar Puncak Widosari biasa mengadakan nyadran dan meti dusun. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mengenal budaya yang ada di Indonesia dengan lebih dalam.

Meskipun hanya dibuka sampai sore saja, Anda bisa melanjutkan pengalaman liburan Anda dengan mengeksplorasi daerah sekitar Puncak Widosari. Selain budayanya, pemandangan dari desa pun tidak kalah menarik. Pada malam hari, Anda juga bisa menyaksikan keindahan gemerlap lampu kota Yogyakarta, Magelang, dan Purworejo.

Lokasi Puncak Widosari

Puncak Widosari berada di daerah Kulonprogo. Tepatnya di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Meski begitu, akses menuju ke Puncak Widosari cenderung mudah dijangkau. Apalagi jalan menuju ke tempat ini sudah cukup layak dan bagus. Akan tetapi, untuk bisa sampai ke Puncak Widosarinya, Anda tetap harus meniti anak tangga dari parkiran atau lokasi turun kendaraan.

Rute ke Puncak Widosari

Rute menuju Puncak Widosari dari Kota Jogja kurang lebih sekitar 38,9 kilometer. Jika Anda pergi dengan menggunakan sepeda motor, kira – kira akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 17 menit.

Dari pusat Kota Jogja ke Puncak Widosari, anda bisa melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan dan lanjut ke Jalan Wates hingga menemukan perempatan. Lalu ambil jalan ke utara menuju Jalan Ring Road Barat hingga sampai di perempatan. Lalu ambil jalan ke arah Barat atau ke Jalan Godenang, dan lanjut ke utara ke Jalan Gedongan – Tempel.

Setelah menemukan pertigaan, ambil arah barat melewati Jalan Daratan 3 hingga sampai ke pertigaan. Lalu ambil arah utara dan lanjut ke arah barat dan lurus terus hingga di pertigaan kea rah selatan ke Jalan Kebon Agung. Selanjutnya di pertigaan berikutnya, ambil arah barat ke Jalan Raya Banjararum dan lurus terus hingga Jalan Samigaluh – Loano. Setelah sampai di pertigaan, jalan ke arah utara menuju Jalan Tegalsari, dan ikuti jalan terus hingga sampai ke Puncak Widosari.

Fasilitas di Puncak Widosari

Fasilitas di Puncak Widosari dapat dikatakan lengkap untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Anda bisa menemukan toilet umum yang nyaman, tempat parkir yang memadai, dan juga musholla untuk beribadah.

Selain itu, ada juga beberapa warung makan yang menyediakan aneka makan jajanan, makanan, dan camilan bagi Anda yang tidak membawa perbekalan. Ada juga gazebo dan tempat duduk yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat atau bersantai sejenak. Serta beberapa spot foto yang menarik.

Salah satu spot foto favorit di Puncak Widosari berada tepat di samping batu raksasa. Ada sebuah gardu pandang yang bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto. Dari sini, Anda bisa mendapatkan foto dengan latar belakang batu raksasa dan juga pemandangan alam yang indah.

Jam Operasional Puncak Widosari

Puncak Widosari bisa Anda kunjungi setiap hari sepanjang pekan. Mulai dari hari senin sampai dengan minggu sejak pukul 6 pagi hingga 6 sore. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan panorama keindahan alam Puncak Widosari pada jam operasional tersebut. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang Anda kunjungi

Tiket Masuk Puncak Widosari

Harga tiket masuk ke Puncak Widosari sangat murah. Setiap pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 2000 Rupiah untuk menikmati suasana alam sepuasnya. Anda bisa mengunjungi Puncak Widosari dan menikmati pemandangan alam yang ada di sana. Atau mengambil foto sebagai kenang – kenangan.

Bagi Anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Setiap kendaraan yang digunakan perlu membayar tiket parkir. Harganya juga relative murah. Jika Anda menggunakan kendaraan motor, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 2000 Rupiah untuk parkir. Dan jika Anda membawa mobil, biaya parkirnya adalah sebesar 5000 Rupiah.

Penasaran ingin berkunjung ke Puncak Widosari? Jangan lupa untuk menambahkan Puncak Widosari dalam daftar destinasi wisata yang akan Anda kunjungi selanjutnya dalam paket wisata jogja. Atau bisa menggunakan rental mobil jogja yang tentunya dengan tour guide / driver ramah dengan adanya fasilitas air mineral dan bbm.