Desa Wisata Kelor, Jogja – Wisata alam di Indonesia ini memang merajalela, tak terhitung jumlahnya. Apalagi daerah Yogyakarta yang dikenal masih banyak pedesaan dan yang alami, terutama yang di bagian daerah pedalamannya. Biasanya daerah yang masih alami sangat menakjubkan view dan areanya sukses dijadikan wisata alam seperti Desa Wisata Kelor, atau banyak juga wisata lainnya yang sudah masuk dalam daftar wisata alam di Jogja.

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, banyak wisata alam di daerah Jogja salah satunya yang dikenal dengan nama Desa Wisata Kelor. Dimana wisata ini menyimpan banyak hal yang menarik dan mempesona serta membuat penasaran banyak pengunjung wisata atau wisatawan yang memanfaatkan paket wisata Jogja.

Desa Wisata Kelor

Tempat Wisata Dari Outbond Asyik Hingga Perkemahan Seru

Banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya, terutama untuk tempat yang masih bernuansa pedesaan. Tapi beda tempat pasti beda suasana, untuk itu walaupun masih bersifat alami tempat-tempat wisata ini sudah dibentuk semenarik mungkin untuk menarik wisatawan.

Berbeda dengan Desa Wisata Kelor yang merupakan tempat wisata alam di Jogja dan menyajikan nuansa alam dengan suasana sawah yang membentang dengan indah. Semua wisata alam pasti memiliki view yang sangat mempesona, begitupun tempat ini. Tempat wisata di daerah Kelor ini menyediakan pesona alam dengan sajian berbagai jenis wisata seperti budaya, sejarah maupun kuliner.

Sebagai tempat wisata, tempat ini masih sangat alami dengan adanya sungai yang masih sangat jernih terhampar tanpa dibuat-buat. Dengan begitu, sejauh mata memandang wisatawan hanya disajikan sesuatu yang indah dan menyegarkan.

Tempat wisata yang asri ini hanya menyediakan dua fasilitas penunjang kegiatan berwisatanya, antara lain outbond dan berkemah. Dimana keduanya merupakan kegiatan alam yang benar-benar memanfaatkan suasana alam tersebut.

Mungkin untuk outbond selain memanfaatkan unsur alam juga sedikit ditambahkan unsur permainan seperti flying fox, dan area perkemahan untuk yang ingin berkemah langsung di alam dengan menikmati nikmatnya suara air sungai mengalir dan bermain air. Bahkan, area sungai bisa dijadikan kegiatan sendiri yaitu river tracking. Selain itu, ada juga area permainan berbahan ban, jembatan yang dibuat di atas kolam atau justru menangkap ikan yang juga dilakukan di kolam.

Karena sebagian besar penduduk yang berada di sekitar desa tempat wisata ini adalah petani dan peternak, maka situasi tempat wisata juga dikelilingi dengan pogon salak. Dengan begitu, para wisatawan pun bisa menikmati atau membeli salak-salak tersebut sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya itu, para wisatawan yang masih ingin berlama-lama di tempat ini bisa melanjutkan wisata dengan menginap di homestay atau tempat penginapan yang telah disediakan. Akan terasa menyenangkan menikmati tempat ini dari pagi hingga pagi lagi. Bentuk tempat penginapan yang disediakan sesuai dengan rumah adat Jogja yaitu rumah Joglo.

Semua ketersedian yang disajikan oleh tempat wisata ini merupakan keunggulan tersendiri bagi tempat wisata ini yang bisa meningkatkan nilai pariwisata di Indonesia. Walaupun tempat ini tidak terlalu dibuat komersil dengan tidak adanya harga tiket masuk kecuali wahana dan tempat penginapan.

Setelah desa ini, di sekitar desa ini pun juga banyak desa lain yang berdampingan yang juga memiliki daya tarik sebagai tempat wisata alam yang menarik dan seru. Oleh karena itu, warga setempat harus bisa menjaga keindahan alamnya agar bisa dinikmati juga oleh orang lain yang mengunjungi.

Lokasi Desa Wisata Kelor

Lokasi Desa Wisata Kelor mudah sekali untuk dicapai, yaitu bertempat di Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bahkan, tempat wisata ini juga dekat dari desa wisata lainnya yang berada di daerah Sleman. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus menempuh dua tempat wisata sekaligus jika sedang berkunjung ke jalan dan daerah ini. Dari wisata kelor Anda langsung menuju wisata Sleman.

Rute Desa Wisata Kelor

Untuk rute Desa Wisata Kelor ini lagi-lagi bisa dibilang mudah dicari dan diakses, hanya saha rute yang dilalui memang sedikit menanjak dan banyak belokan.

  1. Semuanya pasti dimulai pusat kota Yogyakarta, dari sana Anda bisa menuju barat melalui jalan KH. Ahmad Dahlan lurus hingga perempatan.
  2. Setelah itu, belok ke arah utara melalui jalan letjen Soprapto dan lurus terus hingga pertigaan.
  3. Setelah itu belok ke kanan ke jalan tentara rakyat Mataram dan lurus saja.
  4. Dari jalan tentara rakyat Mataram terus melalui jalan tentara pelajar dan juga melalui jalan Magelang
  5. Hingga pertigaan ke kanan melalui jalan Turi lalu lurus saja.
  6. Setelah itu belok ke kiri dan mengikuti jalan tersebut baru belok ke kanan melalui jalan agro wisata.

Setelah petunjuk jalan tersebut diikuti dan dijalani terus pasti akan menemukan tempat Desa Wisata Kelor tersebut. Jaraknya yang dilalui melalui jalan-jalan tadi kurang lebih mencapai 21,3 km dan bisa dicapai dalam waktu 45 menit dengan menggunakan motor.

Fasilitas Desa Wisata Kelor

Seperti pada umumnya, sebuah tempat  wisata pasti memiliki fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Dan kali ini, fasilitas Desa Wisata Kelor inipun menyediakan beberapa keutamaan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Arena Outbond

Sebagaimana tempat wisata alam yang masih terbentuk alami sesuai dengan keadaan alam sekitar tempat tersebut, maka Desa Wisata Kelor juga menyediakan wahana Outbond untuk pengunjung yang datang. Karena itulah salah satu daya tarik terbesar untuk sebuah wisata alam.

2. Masjid

Bagi yang beragama Islam memang sengaja disediakan sebuah masjid untuk tempat beribadahnya, karena sebagian besar pengunjung wisata yang kemungkinan adalah muslim.

3. Arena berkemah

Selain arena outbond, tempat ini juga menyediakan arena berkemah untuk yang ingin mengadakan acara perkemahan.

4. Homestay

Karena tempat wisata ini bisa dimanfaatkan untuk acara kantor atau acara keluarga yang sifatnya santai, sehingga untuk yang tidak ingin langsung pulang disediakan fasilitas  homestay untuk tempat menginap.

5. Area Parkir

Yang terakhir yang disediakan untuk pengunjung wisata adalah area parker untuk yang membawa kendaraan.

Jam Buka Desa Wisata Kelor

Jam buka Desa Wisata Kelor ini seperti tempat wisata pada umumnya dari pagi hingga sore hari.  Yaitu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.  Kecuali untuk yang berkemah dan yang menginap, langsung ke areanya masing-masing.

Harga Tiket Wahana Desa Wisata Kelor

Untuk harga tiket Desa Wisata Kelor memang tidak harus membayar atau gratis, tapi untuk masuk ke beberapa wahan seperti outbond yang dibuat harga paket untuk outbond. Namun, harga paketnya tersebut disesuaikan dengan paket yang dipilih pengunjung.

Selain itu, para wisatawan yang memanfaatkan paket wisata Jogja pastinya membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir dua ribu rupiah untuk motor dan lima ribu rupiah untuk kategori mobil atau bus wisata.