Museum Gunung Merapi Jogja – Tiket Masuk, Rute, Lokasi, Fasilitas di Museum Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi Yogyakarta dapat menjadi destinasi wisata kala Anda berlibur ke Jogja. Atau bisa juga kala Anda sudah bingung mau kemana, namun, tetap ingin berwisata dan menambah wawasan. Kawasan wisata Museum ini banyak dikunjungi saat musim liburan tiba terutama oleh rombongan anak sekolah dengan paket tour Jogja.

Wisata Museum Gunung Api Merapi

Berwisata dan Belajar Menyenangkan di Museum Gunung Api Merapi

Di wilayah ‘atas’ atau tepatnya di kaki gunung Merapi, terdapat tempat wisata yang tidak hanya memberikan Anda keindahan landscape namun juga wisata edukatif yang menarik. Tempat tersebut adalah museum Gunung Api Merapi. Di museum ini, Anda akan melihat setiap ‘kenangan’ dari setiap letusan Merapi yang terjadi. Bukan hanya gambar namun juga gemuruh suara bisa Anda dengar berkali-kali di tempat ini.

Museum Gunung Merapi memiliki 2 lantai dan diresmikan di tahun 2010. Ketika Anda memasuki museum ini, Anda akan melihat replika sebaran awan panas saat Gunung Merapi meletus di tahun 1969, 1994 dan 2006. Untuk melihat bagaimana sebaran awan panas, lava pijar bahkan suara gemuruh, Anda bisa menekan salah satu tombolnya.

Di Museum Gunung Merapi terdapat beberapa koleksi seperti berikut ini:

  • Display tipe letusan gunung berapi.
  • Batuan yang berasal dari gunung Merapi sejak tahun 1930.
  • Koleksi benda dari sisa letusan Merapi di tahun 2006.
  • Koleksi foto gunung Merapi.
  • Panel Ilustrasi gambar kartun sehingga memungkinkan anak-anak untuk belajar.
  • Peraga simulasi mulai dari lorong peraga simulasi LCD, simulasi tsunami dan simulasi gempa.

Ada beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di tempat ini. aktivitas tersebut diantaranya adalah:

1. Menonton pentas seni

Di Museum Merapi yang ada di Yogyakarta terdapat tempat outdoor yang disebut dengan Ruang open theater. Di ruangan outdoor ini kerap diadakan pertunjukan seperti pentas seni, gathering, kegiatan sosial ataupun kegiatan yang lainnya. Untuk tahu kapan pentas seni dilakukan, Anda bisa menghubungi langsung ke pengelolanya.

2. Menonton Film

Di Museum Gunung Api Merapi terdapat ruangan yang disebut dengan home theater. Di ruangan ini, ANda bisa menonton film dokumenter mengenai gunung berapi. Salah satunya adalah mengenai erupsi gunung Merapi.

3. Berfoto

Anda bisa berfoto dengan latar belakang gunung Merapi di bagian depan museum. Namun, agar terlihat bentangan alam gunung Merapi, sebaiknya Anda datang saat cuaca sedang cerah. Jika tidak, Anda hanya bisa melihat kepulan asap atau awan yang meliputi puncak merapi.

4. Belajar Mengenai Gunung

Dengan segala koleksi yang dimiliki oleh Museum Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta ini, memungkinkan Anda untuk bisa dengan lebih mudah belajar mengenai gunung. Mulai dari pergerakan tanah dan proses dinamika geologi hingga proses pembentukannya.

Di museum ini Anda juga bisa mempelajari mengenai struktur geologi gunung berapi, proses hasil letusan dan mitigasi bencana alam. Seperti tsunami, gempa bumi atau pun pergerakan tanah. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan menambah pengetahuan Anda namun juga tahu cara penyelamatan pertama yang dapat dilakukan ketika bencana terjadi.

Lokasi Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Api Merapi berada di kecamatan Pakem, Sleman, DIY. Lokasi Museum Gunung Merapi yang tepat yaitu di Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun.v Sesaat setelah sampai di dekat museum ini, Anda bisa melihat pemandangan gunung Merapi yang gagah. Sehingga tidak heran banyak yang berfoto di depan museum. Apalagi bagian depan museum berbentuk trapesium yang salah satu puncaknya mengerucut dan membentuk segitiga.

Rute ke Museum Gunung Merapi

Untuk ke Museum Gunung Merapi, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan yang disewakan seperti bus. Ini karena tidak banyak angkutan umum dengan tujuan museum Gunung Merapi. Butuh waktu sekitar 53 menit jika Anda dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Museum Gunung Merapi yang bisa Anda tempuh yaitu :

  • Dari pusat 0 km, Anda harus ke arah barat lewat Jl. Kh Ahmad Dahlan hingga ke perempatan utara yang jika ke utara lagi akan menuju ke Jl. Letjen Suprapto.
  • Hingga ke pertigaan, ambil yang ke arah timur hingga melewati Jl. Tentara Pelajar.
  • Lurus terus hingga ke Jl. Magelang dan sampai ke perempatan yang jika ke timur akan melewati jl. Selokan Mataram.
  • Jalan terus hingga ke perempatan Jl. Monjali lalu lurus hingga ke Jl. Palagan Tentara Pelajar.
  • Ambil ke arah timur atau kiri hingga ke Jl. Pakem Turi dan sampai ke perempatan yang melewati Jl. Boyong.

Jika Anda bingung, Anda bisa langsung menggunakan Maps. Ini karena saat ini sudah ada koordinat yang bisa membantu Anda untuk sampai dengan selamat di tempat wisata tersebut.

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Api Merapi memiliki banyak fasilitas. Selain fasilitas Museum Gunung Merapi seperti toilet, parkir dan mushola, terdapat pula fasilitas khusus. Fasilitas ini ada di lantai 1 yaitu ruang auditorium. Di ruangan ini, Anda bisa menyewa untuk kegiatan tertentu. Misalnya rapat, seminar dan diskusi.

Di Museum Gunung Merapi tepatnya di sisi kiri dari pintu masuk museum di bagian barat, Anda akan mendapati kios souvenir. Kios ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pengelola untuk Anda yang ingin berbelanja. Misalnya untuk membeli oleh-oleh berupa miniature museum, gantungan kunci atau bahkan kaos khas dari Museum Gunung Api Merapi.

Jam Operasional Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta

Sebelum Anda berkunjung ke Museum Gunung Merapi, Anda harus memperhatikan jam operasionalnya lebih dahulu. Jam buka Museum Gunung Api Merapi yaitu:

  • 00-15.30 WIB untuk senin-kamis dan weekend.
  • 00-14.30 WIB untuk hari jumat.

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Untuk masuk ke Museum Merapi di Yogyakarta, tiketnya sangat terjangkau dan Anda tidak perlu menyiapkan dana yang besar. Untuk wisatawan domestic, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000. sedangkan untuk wisatawan luar negeri membayar sebesar Rp 10.000.

Di Museum Merapi Yogyakarta juga terdapat ruang audio visual. Harga tiket Museum Gunung Merapi untuk ke ruang audio visual bagi wisatawan domestic dan mancanegara adalah sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000.

Itulah sekilas informasi mengenai Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta yang bisa menjadi destinasi wisata dan edukasi yang menyenangkan. Anda bisa mengunjungi museum ini sesuai dengan jam operasional museum ini, namun bisa hari ini ataupun nanti. Kemudian pergi bersama dengan keluarga atau rombongan dengan paket wisata Jogja ketika liburan panjang tiba.