Bagi anda yang berencana ke Jogja, berikut tips ala traveler yang berikan, dimana sebagian berdasarkan pengalaman traveler. Semoga bisa menjadi masukan bagi anda yang berniat ke Jogja. Hal ini menjadi pembahasan yang bisa di katakan antara penting & ga penting tapi lumayan ngaruh. Karena rekan kami pernah merasa salah kostum saat berkunjung ke Jogja, karena kesalahan informasi keadaan cuaca yang di dapatkan. di Jogja umumnya tetap sama dengan kota2 lain yang ada di Indonesia.  Menurut Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Yogyakarta, setiap musim Pancaroba (peralihan) dimana posisi matahari tepat berada di atas DIY maka suhu akan terasa panas dan gerah. Hal ini umumnya terjadi pada bulan Maret dan Oktober.

Liburan Murah Ke Jogja

Menurut pengalaman traveler, dinginnya kota Jogja sangat terasa ketika musim penerimaan mahasiswa baru. Panas matahari di Jogja juga masih tidak sepanas di bandingkan kota2 besar seperti Jakarta, Surabaya Makassar dll. Yang sangat terasa pada musim panas di Jogja adalah rasa gerah meskipun tidak terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu tidak ada salahnya meng-update perkiraan cuaca di Jogja terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Jogja. Jadi, tips pertama saat berkunjung ke Jogja adalah  membawa kostum yang nyaman, kacamata dan penutup kepala, terutama jika ke kawasan wisata Candi. Mengenal objek wisata selain menambah pengetahuan serta menimbulkan rasa memiliki akan  kekayaan Nusantara kita. Berikut tips traveler yang kedua saat berkunjung ke Jogja dan tempat wisata. Taat Aturan. Perhatikan aturan yang ada, seperti di kawasan Borobudur adanya larangan berdiri atau duduk di beberapa candi kecil dan merokok di berbagai tempat wisata.

Menjaga kebersihan lingkungan tempat anda berwisata. Jangan membuang sampah sembarangan. Ramai pedagang asongan. Di Borobudur juga merupakan kawasan yang paling ramai pedagang asongan dan tanpa putus asa terus menawarkan jualannya. Cukup menolak dengan halus dan jangan menawar jika tidak minat membeli, karena pedagang asongan akan terus mengikuti sambil menawarkan jualannya. Banyak pengamen, khususnya di kawasan Malioboro. Relakan receh 500,- atau tolak secara halus. Waspada dengan barang bawaan, kawasan wisata merupakan kawasan ramai jadi tidak ada salahnya lebih berwaspada dari tangan2 jahil. Khususnya di Malioboro dimana pada musim libur ramai di padati pengunjung.

Sewa Motor Agar Lebih Mudah Berkeliling

Apabila ingin jalan-jalan keliling kota Yogya, anda bisa menggunakan transportasi becak atau andong (Delman). Silahkan melakukan penawaran, yang perlu di perhatikan adalah tawaran dari tukang becak untuk untuk mengantarkan Anda membeli oleh-oleh, seperti bakpia, kaos dagadu, dan sebagainya. Karena ada saja oknum tukang becak yang nakal, ketika membawa anda ke objek belanja dan anda tidak berbelanja bisa2 tukang becaknya pergi meninggalkan anda dikawasan tersebut tanpa bekas menghilang entah kemana. Karena anda sudah membudgetkan biaya liburan harus 1 jt maka anda haruslah berhemat terutama untuk transportasi. Solusi terbaik ketika anda liburan hemat adalah menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi. Selain harganya yang lebih murah, menggunakan sepeda motor akan lebih memudahkan anda karena bisa menjangkau jalan kecil. Anda bisa langsung mengunjungi senja wisata untuk mendapatkan motor sewaan. Sewa motor Jogja merupakan tempat terbaik dan sudah menjadi rekomendasi banyak wisatawan. Dengan begitu tentunya anda bisa berlibur tanpa harus takut kelebihan biaya.