Kota Jogjakarta merupakan kota dengan penuh berbagai wisata terkenal. Selain budaya yang terkenal, Jogjakarta juga memiliki wisata air terjun yang tidak kalah indahnya. Terdapat banyak obyek-obyek wisata yang luar biasa karena memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri yang berada di lokasi daerah-daerah pelosok di kabupaten yang terdapat di Jogjakarta. Bahkan bisa dikatakan setiap sudut daerah Jogjakarta memiliki obyek wisatanya masing-masing yang diunggulkan. Karenanya, banyak jasa wisata seperti sewa motor Jogja yang menawarkan jasa untuk menjelajah Jogjakarta. Salah satu Kabupaten yang terkenal banyak memiliki obyek wisata di Jogjakarta adalah Kabupaten Gunung Kidul.

Wisata Air Terjun Kedung Kandang di Jogja

Kabupaten Gunung Kidul berlokasi di bagian selatan Jogjakarta yang berbatasan dengan lautan. Banyak obyek-obyek wisata pantai eksotis yang bisa Anda kunjungi di sini. Namun bukan hanya itu saja, masih terdapat obyek wisata jenis lainnya seperti bukit, goa, kebun dan juga air terjun. Salah satu obyek wisata air terjun yang terkenal adalah Air Terjun Kedung Kandang. Air Terjun Kedung Kandang bisa dibilang unik karena memiliki tingkat sebanyak enam tingkat dan berada di persawahan penduduk di Gunung Kidul sehingga pemandangan air terjun ini sangat alami, sejuk dan segar. Air terjun ini memang belum dikelola secara resmi oleh pengelola wisata atau oleh pemerintah.

Sementara, pengelolaan wisata air terjun ini masih dikelola oleh desa wisata Nglanggeran. Sehingga fasilitasnya belum memadai. Hanya beberapa rumah penduduk yang menyediakan tempat penetipian motor dan berjualan makanan ringan. Adapun lokasi Air Terjun Kedung Kandang ini berada di dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Rutenya dari Jogja adalah melewati Wonosari, naik ke Kecamatan Pathuk. Lalu sebelum SMPN 2 Pathuk ambil kiri ke arah Dusun Bobung. Setelah bertemu perempatan silahkan ambil ke arah kiri. Sesampainya di gerbang masuk Air Terjun Kedung Kandang, jangan sungkan untuk menyapa karena memang warganya sangat ramah tamah. Jarak dari parkiran sampai ke air terjun Kedung Kandang sekitar 900 meter dengan jalan yang masih tanah. Disana masih bisa melihat langsung para petani sedang bercocok tanam. Tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan padinya merupakan ciri khas kawasan air terjun Kedung Kandang. Batuan air terjunnya sendiri didominasi dengan batuan vullkanik Gunung Api Purba.

Sebenarnya air terjun Kedung Kandang memiliki tiga kedung dan enam tingkat air terjun. Kedung Kandang merupakan kedung yang paling bawah dan paling besar. Diatasnya terdapat kedung temanten dan kedung keris. Namun informasi dari warga sekitar terdapat larangan untuk mandi atau menceburkan diri di kedung. Air terjun ini merupakan air terjun musiman yang akan muncul saat musim hujan saja. Maka dari itu lebih baik datang saat musim hujan tiba atau perpindahan dari musim hujan ke musim kemarau karena saat musim kemarau, air terjunnya benar-benar kering yang tidak ada air mengalir sama sekali seakan-akan tak pernah ada air terjun disana. Selain dikelola oleh Desa Wisata Nglanggeran ternyata Karang Taruna setempat juga turut membantu. Pasalnya untuk sampai ke air terjun anda haruslah melewati jalanan yang cukup rusak. Apalagi jika anda berlibur dengan pacar tentu menginginkan hal hal yang romantis. Agar liburan anda menjadi lebih romantis maka anda bisa menggunakan motor untuk berpergian dan bercapai air terjun. Anda bisa menyewa motor disini karena menyediakan berbagai jenis motor yang sesuai dengan gaya anda. Pasalnya rental motor Jogja merupakan salah satu tempat rental yang terpercaya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dan bisa menggunakan motor dengan kualitas terbaik.