Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit bagi para traveler dari seluruh Indonesia. Bahkan nama  Yogyakarta juga dikenal oleh para turis mancanegara yang datang ke Indonesia. Yogyakarta, atau biasa disingkat sebagai Jogja adalah kota yang mendapatkan julukan sebagai ‘Keindahan Asia Tiada Akhir’. Dengan berbagai macam tempat wisata yang ada di daerahnya serta terkenal dengan orang-orangnya yang ramah, menjadikan Jogja sebagai primadona bagi para pelancong yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Dan banyak sekali yang mengatakan tidaklah cukup sekali untuk berlibur di kota yang dikenal sebagai daerah Istimewa ini. Apalagi untuk berlibur ke Jogja, anda tidak memerlukan biaya yang mahal. Selain karena disana terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang murah, Jogja juga memiliki banyak alternatif tempat penginapan yang murah dan cocok untuk anda para backpaker yang ingin kesana.

Transportasi ke Jogja dari Surabaya

Bagi para pelancong dari wilayah timur Indonesia, kota Surabaya merupakan pintu masuk yang ideal apabila anda berencana untuk liburan ke kota Jogja. Banyak pilihan transportasi yang dapat anda gunakan dari sana, semua tergantung dengan budget anda. Tentu, untuk para backpaker diluar sana, bus dan travel adalah pilihan utama anda. Kereta api bisa menjadi pilihan kedua apabila anda tidak bisa mendapatkan tiket bus ataupun travel di waktu yang anda inginkan.

Tetapi melihat kondisi lalu lintas di Jogja saat ini, maka untuk menuju kota pelajar ini dari Surabaya maka anda dapat memilih moda transportasi kereta api yakni dengan Kereta Api Logawa dengan biaya kurang dari 100 ribu rupiah. Menggunakan kereta api tentunya akan memudahkan anda untuk mencari transportasi selama berada di Yogyakarta. Jika anda tidak sempat memesan kendaraan sebelum tiba di Jogja maka untuk sementara anda bisa menggunakan TransJogja dengan tarif yang sangat murah.

Sewa Motor agar Biaya Backpacker Lebih Murah

Sedangkan jika anda berniat untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jogja maka sangat disarankan untuk memesan kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Biaya sewa motor jogja di dekat malioboro  pun juga sangat terjangkau yakni 60 ribu rupiah di luar biaya bensin. Selanjutnya jika anda ingin berwisata kuliner maka selalu tanyakan terlebih dahulu harga makanan yang dijual. Sebab terkedang penjual di tempat wisata menaikkan harga makanan kepada para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pastikan juga untuk merencakan kegiatan dan perjalanan anda selama di Yogyakarta. Persiapan perjalanan yang matang tentunya akan membantu anda untuk merencakan biaya yang akan anda keluarkan selama liburan. Selain merencakan perjalanan, pastikan juga anda memilih penginapan yang berbentuk dorm atau asrama. Dimana dalam satu kamar biasanya terdapat 3 sampai 4 tempat tidur bertingkat. Biasanya biaya sewa kamar juga sangat terjangkau dan sudah disertai sarapan pagi dengan tarif kurang dari 150 ribu rupiah per malam.

Pada umumnya biaya liburan akan membengkak jika sudah menyangkut soal makanan. Sebab tentu saja makanan khas sebuah kota sangat menarik untuk dicoba dan tak boleh dilewatkan. Jogja sendiri sebagai kota wisata memiliki beragam makanan khas yang wajib untuk dicoba seperti gudeg, Jadah, dan lain-lain. Untuk menghindari biaya yang berlebihan, maka anda bisa membuat rencana makanan apa saja yang ingin anda coba dengan mempertimbangkan jarak tempat makanan dari penginapan.

Sehingga dengan begitu, budget yang anda keluarkan selama berlibur sesuai dengan apa yang sudah anda rencakan.Setelah selesai berlibur, pastikan juga anda sampai di stasiun kereta tepat waktu sehingga akan meminimalisir resiko tertinggal kereta. Pastikan juga anda menyiapkan barang bawaan anda di malam hari sebelum esok hari kembali ke Surabaya.