Banyak sekali kota di Indonesia yang biasanya dijadikan destinasi wisata para backpaker karena kota-kota terkenal dengan biaya hidup disana yang murah dan tentu saja melimpahnya tujuan wisata yang dapat di kunjungi. Tentu hal tersebut juga akan berpengaruh dengan biaya akomodasi selama liburan di kota tersebut. Salah satu kota tersebut adalah Yogyakarta. Ya, kota yang terkenal dengan keraton dan gudegnya ini adalah salah satu destinasi favorit para backpaker lokal maupun manca negara yang datang ke Indonesia.

Kota yang juga dikenal dengan tugu Jogjanya ini jelas memiliki magnet tersendiri bagi para wisatawan domestic maupun manca negara. Banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi di kota Jogja dan juga daerah sekitarnya, membuat Jogja selalu penuh di padati wisatawan ketika libur panjang.Tidak terkecuali para pelancong dari kota Malang, Jawa Timur. Walaupun kota Malang sendiri juga terkenal sebagai kota wisata, namun para arek Ngalam ini tidak sedikit yang sering singgah ke kota Jogja untuk liburan. Tentu saja semua dilakukan dengan gaya backpaker, karena akan lebih seru terutama bagi para anak muda yang pergi ke Jogja bersama teman-temannya.

Transportasi ke Jogja dari Malang

Selain lebih hemat, karena bisa patungan dalam segala hal, akan lebih menyenangkan untuk liburan bersama dengan teman-teman. Nah, untuk mencapai kota Jogja, anda mempunyai pilihan dengan menggunakan bus atau dengan kereta api untuk hematnya. Apabila anda menggunakan bus, biaya yang akan dikeluarkan biasanya sekitar Rp 150.000 untuk 1 tiket bus kelas Ekonomi. Dan apabila anda memilih untuk menggunakan kereta api, harga tiket berkisar antara Rp 300.000- Rp 400.000. Tentu saja itu semua diluar dari biaya makan dan minum selama di perjalanan.

Sampai di Jogja, usahakan anda menggunakan moda transportasi umum yang ada, seperti Trans Jogja yang memiliki variasi rute cukup banyak sehingga apabila anda hanya perlu ke tempat-tempat umum seperti Malioboro atau Alun-alun Kidul, gunakanlah Trans Jogja. Tiketnya hanya sekitar Rp 3.500 saja untuk berputar-putar keliling kota asalkan anda tidak keluar dari haltenya. Namun apabila anda suka untuk bepergian sendiri dan menelusuri jalan kota Jogja, maka sewa motor jogja adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Dengan harga bervariasi dimulai dengan harga Rp 50.000 per harinya, anda dapat membawa sepeda motor tersebut untuk keliling kota Jogja dan daerah wisata di sekitarnya. Jika anda berminat untuk sewa motor bisa hubungi kami Telp / Whatsapp : 081229355581. Tentu akan ada syarat yang perlu dipenuhi untuk dapat menyewanya, seperti misalnya fotokopi KTP dan SIM anda. Atau apabila anda pergi ke Jogja dengan beramai-ramai, anda dapat menyewa mobil untuk kendaraan anda selama disana. Dengan harga dimulai dari Rp 200.000 per harinya, anda sudah mendapatkan sebuah kendaraan bagi anda dan teman-teman.

Penginapan Murah untuk Backpacker

Untuk penginapan, Jogja menawarkan banyak sekali alternatif pilihan untuk anda menginap disana. Dari hotel bintang 5 hingga penginapan-penginapan kecil di sekitar perkampungan warga. Apabila anda mencari penginapan murah, cobalah anda mencari di sekitar Malioboro atau daerah Prawirotaman,  disana banyak terdapat losmen murah dengan harga Rp 50.000 per harinya. Memang hanya dengan fasilitas yang seadanya. Alternatif lainnya adalah dengan mencari hostel atau hotel yang menyediakan kamar berbentuk dorm.

Biasanya kamar yang disediakan disewakan untuk 3-4 tamu dengan kasur bertingkat. Dengan fasilitas kamar mandi dalam dan juga AC, serta mendapatkan sarapan, harga yang ditawarkan cukup murah apabila anda mencari penginapan yang murah dan nyaman. Hostel-hostel tersebut biasanya berkisar Rp 130.000 – Rp 200.000 per malamnya dan sudah termasuk makan pagi. Sedangkan untuk makan selama di Jogja, anda tidak perlu khawatir. Jogja menawarkan banyak pilihan makanan murah di hampir semua titik di kota Jogja. Selama anda tidak makan di kafe atau mall,  anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 50.000 sampai Rp 70.000 perharinya untuk makan di Jogja. Murah bukan?