Merencanakan perjalanan ke luar kota untuk mengisi waktu liburan memang menjadi salah satu kegiatan yang harus anda coba. Berlibur tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik bagi diri anda. Sudah terbukti bahwa berlibur menjadi salah satu cara ampuh untuk mengendalikan tingkat stres anda setelah penat bekerja setiap hari. Oleh karena itu saat berlibur anda harus benar-benar memilih kota yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu kota wisata yang ada di Indonesia yang patut untuk anda kunjungi adalah Yogyakarta.

Seperti yang anda ketahui bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Menariknya lagi anda tidak perlu merogoh kocek yang banyak ketika hendak berlibur ke Jogja dari Jakarta. Sebab ada beberapa cara yang bisa anda coba seperti misalnya backpaker yang merupakan cara berlibur hemat dan tentunya sangat menarik. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai biaya yang perlu anda siapkan untuk berlibur ke Jogja dari Jakarta.

Transportasi dari Jakarta ke Jogja

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah transportasi untuk menuju ke Jogja, anda bisa menggunakan pesawat, kereta api atau bus. Tetapi pilihan yang paling nyaman adalah kereta api dengan menggunakan kerata Jayakarta Premium dengan harga mulai dari 280 ribu rupiah dengan lama perjalanan sekitar 8 jam 34 menit. Sehingga anda bisa dengan mudah berangkat ke Jogja dengan mengawali perjalanan dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 13.00 WIB dan akan sampai di Stasiun Tugu Jogja pada pukul 22.00 WIB. Kereta api menjadi moda transportasi yang paling banyak diminati karena anda dapat menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Jogja.

Setelah sampai di Jogja ada baiknya anda segera mencari penginapan di daerah Sosrowijayan. Pada daerah tersebut anda akan menemukan berbagai macam jenis penginapan murah mulai dari losmen, hotel bintang 1 hingga hotel bintang 5 yang bisa anda sesuaikan dengan biaya berlibur anda. Jika anda ingin menekan biaya penginapan, maka di daerah tersebut anda bisa menyewa kamar mulai dari harga 100 ribu rupiah saja. Jika tidak mau repot mencari penginapan di malam hari, maka anda bisa pesan kamar terlebih dahulu melalui berbagai aplikasi travel dan mendapatkan kamar mulai dari harga 150 ribu rupiah.

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Jogja dengan Biaya Murah

Setelah puas beristirahat di hotel maka pada pagi hari anda bisa mengunjungi daerah wisata Kaliurang untuk mencari udara sejuk dan menikmati makanan khas Jadah Tahu Tempe Bacem. Untuk menuju ke kawasan tersebut anda bisa sewa motor jogja dengan tarif mulai dari 50 ribu rupiah perhari dengan biaya bensin sekitar 15 ribu rupiah. Selanjutnya untuk biaya makan di Jogja anda hanya perlu mencari warung makan sederhana atau angkringan yang masih mudah di temui di Jogja. Untuk biaya sekali makan biasanya anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar 10 sampai dengan 15 ribu rupiah untuk warung penyetan pinggir jalan atau angkringan. Jika anda ingin menikmati kuliner lainnya seperti gudeg maka anda harus menyiapkan dana setidaknya 30 ribu rupiah.

Jika di total biaya berlibur ke Jogja dari Jakarta sangatlah terjangkau. Sehingga berlibur ke Jogja dengan sistem backpaker menjadi agenda liburan yang wajib untuk anda coba. Sebab anda tidak perlu menyiapkan biaya yang terlalu besar sehingga tidak akan mengganggu rencana finansial anda yang lainnya.