Bermain ke Taman Pintar Yogyakarta – Yogyakarta, kota istimewa yang mempunyai wisata alam dan budaya yang tak terhitung jumlahnya, kota ini selalu menjadi tujuan para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, dari wisata yang menenangkan hati sampai wisata yang membuat hati gembira riang, Jogja adalah tujuan yang pas untuk anda. Selain wisata alam dan budaya, Jogja juga memiliki wisata pendidikan, wisata berbasis edukasi yang tidak akan anda lupakan jika anda berkunjung di Yogyakarta.

Apakah wisata pendidikan yang di miliki Yogyakarta? Salah satunya adalah Taman Pintar, di bangun mulai bulan mei 2016 dan kemudian di resmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X bersama dua menteri yaitu Menteri Riset dan Tekhnologi ( Menristek ), Kusmayanto Kadiman, P.h.D dan menteri Pendidikan Nasional ( Mendiknas ), Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA. pada tanggal 9 juni 2017.

Taman yang dibangun di atas tanah seluas 12.000 m2 adalah gagasan dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM. Taman Pintar yang mempunyai desain modern hingga tradisional yang mempunyai kecantikan tersendri ini menawarkan wahana edukasi sambil ber rekreasi untuk anak, baik pra sekolah maupun tinggkat sekolah menengah.

Maskot Taman Pintar yaitu “Burung Hantu Memaiaki Blangkon” Burung Hantu di maskot ini di artikan sebagai burung yang dapat mempelajari keadaan alam dan lingkungan yang ada, dan Blangkon adalah pakaian adat Yogyakarta Untuk menutupi kepala laki-laki. Ajaran Ki Hadjar Dewantara menadi motto dari Taman Pintar ini, yaitu : 3N : Niteni (mengingat), Nirokake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan). Dan dalam relevansinya dengan proses belajar ilmu pengetahuan dan tekhnologi mengacu pada konsep 3 A yaitu : Adopt, Adapt dan Advance.

Tujuan di bangunya Taman Pintar adalah untuk meningkatkan pemahaman materi di sekolah di tengah menurunya tingkat baca pada anak. Dengan melalui alat peraga menjadikan anak lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuanya dan menyelesaikan masalah-masalah dengan pola pikirnya sendiri. Taman Pintar sebagai wisata edukasi ini menjadi tempat wisata favorit dan menjadi ikon wisata pendidikan Yogyakarta.

Taman Pintar mempunyai beberapa gedung yaitu, Gedung Memorabilia, Gedung Kotak lantai 2, Gedung Oval lantai 2, Gedung oval lantai 1, Gedung Paud barat dan timur dan Playground Area.

Area bermain di Taman Pintar ini sangat luas, selain terdapat wahana-wahana bagi anak, tempat ini menjadi ruang publik bagi pengunjung dan dapat berfungsi sebagai ruang tunggu, di tempat tersebut anak-anak dapat belajar tentang sains dan bermain seperti dinding berdendang, parabola berbisik, cakram warna, dan permainan air. Fasilitas di taman ini juga memadai, seperti: Mushola, Toilet, ruang pertunjukan indoor dan outdoor, kios souvenir dan masih banyak lagi.

Harga Tiket untuk masuk ke Taman Pintar Yogyakarta

  • Playground Area : Gratis
  • Gedung Paud Barat dan Timur, Anak-anak usia 2 – 7 tahun Rp.1.000,-
  • Gedung Oval dan Kotak, Anak – anak usia 5 – 18 tahun Rp.5.000,- dan untuk Dewasa Rp. 10.000,- per orang
  • Gedung Memorabilia, untuk anak-anak Rp.1.000,- sedangkan Dewasa Rp.2.000.

Akses ke Taman Pintar Yogyakarta

  • Bagi wisatawan yang berangkat dari Stasiun Tugu dapat menggunakan becak atau andong yang akan mengantarkan anda ke Taman Pintar.
  • Bila anda dari Bandara Adisucipto bisa menggunakan bus Trans Jogja trayek 3B atau 3A menyusuri jalan Malioboro, setelah sekitar 30 menit kemudian sampailah anda di depan Taman Pintar.
  • Sedangkan bagi anda yang berangkat dari Terminal Giwangan dapat menggunakan bus kota jalur 4 atau 10 yang melewati Jalan Malioboro yang selanjutnya anda diturunkan di depan Benteng Vredeburg . Dari benteng tersebut wisatawan dapat berjalan ke arah timur menuju Taman Pintar yang terletak tak jauh dari benteng tersebut.

Taman Pintar Yogyakarta

Jalan Penembahan Senopati No.3, Yogyakarta,  Daerah Istimewa Yogyakarta.